Makanan Tradisional Bali

Siapa yang tidak terpukau dengan keindahan serta kedamaian yang dipancarkan oleh Pulau Bali? Keindahan Pulau ini memancing jutaan pasang mata, baik domestik maupun mancanegara untuk mengagumi keindahannya. Tak hanya panoramanya saja yang dicintai oleh masyarakat dunia, tetapi kulinernya pun menyimpan sejuta kelezatan yang tak kalah eksotisnya.

Masakan Bali memang terkenal dengan rasa pedas serta gurihnya.Mulai dari aneka sambal Bali, Gedang Mekuah, Lawar, Bebek Betutu, Sate Lilit, Ayam Pelalah , Tum Bebek,Wajik, Pancong, Jaja Batun Bedil, Bubuh Injin dan Godoh serta Pisang Rai dan mungkin masih banyak yang lainnya. Di balik kelezatan makanan di atas, ternyata tidak lah mudah untuk membuat makanan-makanan tersebut. Disamping bahan bakunya juga proses pembuatannya yang membutuhkan waktu, sehingga dapat mendapatkan hasil yang benar-benar lezat dan mak nyuuuus.

Sebagai contoh makanan yang populer di Bali adalah “Babi Guling dan Nasi Ayam Bali, di dalam makanan tersebut banyak sekali pelengkap yang disajikan selain bahan utamanya. Dan saya lihat sungguh tidak lah mudah untuk membuat itu semua.

Saat ini kita dapat menemui banyak sekali buku-buku resep makanan khas Bali yang sudah di modified, sehingga proses pembuatannya bisa lebih di sederhanakan. Tidak hanya itu banyak dari buku-buku itu yang di tulis oleh orang bule ( orang dari negara lain ), yang tentu saja mereka telah merasakan dan mencintai masakan tradisional Bali.

Selain buku-buku tersebut, saat ini juga sudah ada beberapa yang sudah membuka cooking class khusus untuk masakan Bali, baik yang bersifat pribadi maupun restaurant. Ini menandakan bahwa masakan tradisional Bali mempunyai citarasa dan keunikan tersendiri yang tidak di miliki di lain tempat.